Sabtu, 14 Desember 2013

Hal Kecil Berdampak Besar


♫ Bara bara bara
Bere bere bere
Bara bara bara
Bere bere bere 

Siap sih yang gak tau sama musik di atas? Dari yang tua sampe yang masih di janin kalo mendengar tuh musik Dj pasti berasa pengen goyangin badan. Se-indonesia pasti tau tuh musik.

Tapi beda ama gue, di saat orang lain yang denger tuh musik berasa happy, nah gue kalo denger tuh musik malah langsung galau. Aneh ya. Tapi ada cerita di balik itu semua. Dan sekarang gue mau ngesharenya. Baca sampe abis ya.

Jadi cerita nya gini. Waktu itu satu angkatan di sekolah gue pergi jalan dalam rangka refreshing sebelum ujian yang akan menanti untuk anak kelas 12. Jadi kami semua pergi jalan-jalan ke Pantai Carocok di Pariaman, Sumatera Barat.

Hari itu sungguh indah banget. Main bareng sahabat dan temen-temen di tengah pemandangan pantai yang gila abis. Capek, tapi gak rugi. Gak kepikiran kalo bentar lagi mau UN. Yang penting bikin kami lupa semua masalah deh.

Nah di perjalanan pulang, karena hari sudah malam, musik di dalam bus pariwisata yang kami tumpangi pun berubah ke genre musik disko. Setelah dari pagi tadi yang hidup musik galau semua. Ada temen gue yang sebut saja Bambang (nama disamarkan) yang ngebawa kaset berisi musik Bara bere tersebut.

Langsung deh satu bus goyangin badan. Cuma gak ada alkohol aja, kalo gak udah kayak diskotik banget. Bunyi bass yang begitu menggema makin menambah goyangan kami di dalam bus tersebut. Keren lah pokok nya.

Awalnya gue duduk sambil goyangin kepala, kemudian gue bosen dan berdiri untuk ngeliat-ngeliat kelakuan temen-temen gue yang aneh. Gue berjalan ke bagian depan bus. Disana gue melihat ada yang lagi curhat, ada yang lagi menikmati musik, ada yang lagi foto-foto, ada yang lagi ngupil sendirian, ada yang lagi tidur dan ada yang lagi mesra-mesraan.

Dan.... Jleb. Gue ngeliat sesuatu yang bikin gue langsung galau banget. Sumpah. Waktu gue ngeliat itu, gue langsung mematung dan terdiam agak lama. Apa yang gue liat? Bukan. Bukan mantan yang lagi cipokan sama sanderan kursi. Bukan juga ada yang lagi coli. Bukan. Yang gue liat simple banget, tapi nusuk.

Jadi ada temen gue yang sebut saja namanya Bella (nama juga disamarkan). Dia ini pacar nya Bambang. Jadi, mereka duduk bersebelahan. Namanya juga pacaran. Trus si Bambang ini lagi tertidur dengan nyenyak di kursinya. Sedangkan Bella juga tertidur di samping Bambang dengan kepala berada di pundak Bambang. Sampai disini aja gue udah nyesek banget ngeliatnya karena gue kebetulan lagi jomblo.

Tentu itu suatu pemandangan yang bikin envy banget. Anjir dah. Dan gak sampai di situ doang, tetiba si Bella kebangun dan ngebuka jaket yang lagi di pakai nya. Kemudian dia menyelimutkan jaket tersebut ke Bambang yang lagi tertidur. Karena AC di dalam bus ini dingin banget. Nah, disini lah momen yang bikin gue seketika galau.

Pas ngeliat itu, musik masih Bara-bara-bere. Seandainya musik nya waktu itu A Thousand Years, gue udah langsung loncat dari bus tersebut saking galau nya. Yang tadi nya badan gue goyang-goyang sendiri, sekarang malah hati gue yang goyang-goyang karena pengen copot ngeliat begituan.

Gak sampai disitu aja, setelah si Bella nyelimutin Bambang pake jaket nya, kemudian dia menyandarkan kepalanya ke dada Bambang dan menggenggam tangan Bambang dengan erat lalu ikut tidur disamping Bambang. Fakkkkkkkk. Kaki gue udah keram ngeliatnya.

Gue masih mematung selamat 5 menit tanpa berkedip. Setelah akhirnya mata gue memerah karna kelamaan gak berkedip dan mulai berair. Gue tetiba nangis. Bukan. Airmata gue keluar sendiri. Anjis. Lemah banget gue. Lemah. Lemah. Lemah.

Untung waktu itu bus dalam keadaan remang-remang. Kalau ada yang ngeliat gue nangis, pasti gue bakalan ditertawai se-bus. Gue jalan ke belakang bus kembali, dan duduk di tempat tadi. Trus ngebuka jaket yang gue pake dan kemudian gue tutupin kepala gue pake tuh jaket dan menyandarkan kepala gue ke jendela bus.

Apa yang gue pikirkan pas itu? Banyak.

Kenapa gue gak pernah dapat cewek seperti Bella. Yang melakukan hal kecil tapi sangat berarti banget buat gue. Kenapa? Sebenarnya gue sering mendapatkan perlakuan kayak gitu dari cewek gue, tapi gue gak pernah sadar. Gue gak pernah peka. Slalu gue sia-siain. Kenapa baru sekarang gue merindukan hal seperti itu sementara gue selalu nyakitin hati cewek.

Disana rasa penyesalan gue makin menumpuk. Rasa menyesal karena udah nyia-nyiain orang-orang yang sayang ama gue. Yap. Mata gue masih mengeluarkan air. Cengeng? Gue rasa enggak deh. Gue gak tau kenapa airmata nya keluar sendiri. Padahal udah gue coba tahan.

Kemudian gue flashback semua kenangan-kenangan gue dulu. Dimana dulu gue nyia-nyiain perhatian pacar gue, trus mainin perasaannya. Gue mengingat dimana gue tertawa saat melihat cewek gue menangis, kemudian pergi begitu aja tanpa memperdulikannya. Gue hubung-hubungkan dengan kejadian yang barusan gue liat tadi.

Dari luar gue emang keliatannya lagi tidur, padahal sepanjang perjalanan pulang itu gue nangis. Halah, tokay. Cowok kok nangis. Lemah banget sih. Apalagi karena ngeliat sesuatu yang gak patut di tangisi. Trus musik pengiring galau gue pun malah Bara-bara-bere. Gak banget lah kok bisa sampe nangis.

Tapi darisana gue juga belajar dan menetapkan hati. Gue gak pernah lagi berbuat hal-hal yang bakalan bikin gue nangis karena menyesalinya di kemudian hari. Gak bakalan lagi. Biarlah gue yang di sia-siain daripada gue yang nyia-nyian. Karena rasa penyesalan itu sangat perih. 

Hah, begitulah ceritanya kenapa gue galau setiap dengerin musik Bara-bara-bere itu. Lemah ya gue? Hahaha. Gue anggap normal sih. Walau perasaan laki-laki itu cuma 1%, sekali keluar 99% logika bakalan runtuh. Bahkan seorang pria yang sangat tangguh pun, kalau pengen galau ya galau aja. Karena galau adalah hak setiap manusia karena di beri perasaan. Sekian dan terima pacar. ^♫_^

4 komentar: