Jumat, 12 Februari 2010

Mencegah Pencurian Data Saat Ngenet

Ngenet adalah istilah anak muda untuk kegiatan berselancar, menjelajah tanpa batas di internet. Internet adalah wilayah merah yang artinya sangat tidak aman. Satu diantara kejahatan di internet yang harus diwaspadai adalah phising.

Phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID & Pasword Email, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah melalui situs-situs palsu yang ditempatkan pada server yang tidak menggunakan protokol standar sehingga terhindar dari pendeteksian atau melalui email-email palsu dengan meniru email-email asli dengan memanfaatkan logo-logo.

Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses email, Messenger, rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu.

Tercatat secara global, jumlah penipuan bermodus phising periode desember 2007 tersebar pada 4 bidang, yaitu: Layanan Finansial 91,7%; Retail 1,4%; ISP 1,4%; Pemerintahan & lainnya (5,5%) (Sumber APWG, Anti-Phishing Working Group).

Solusi
Salah satu cara mencegah kita tertipu dengan website/situs palsu adalah menggunakan software yang dapat mendeteksi Website asli atau palsu.
Software Antiphising Internet Fraud ini memang didesain untuk memudahkan kita secara visual membedakannya. software besutan perusahaan terkenal Comodo, UK ini disebut VEngine (Verification Engine) dan dapat bekerja hampir di semua Browser terkenal seperti Internet Explorer, AOL, Netscape, Firefox, Mozilla dll. Software gratis ini bisa didownlod di situs resminya.

VEngine dapat membantu kita membedakan mana situs yang aman dan tidak dengan cara memberikan peringatan kepada kita saat akan memasukkan usename + password pada sebuah website di internet.
Selamat mencoba & rasakan keamanannya saat ngenet!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar