Sabtu, 07 Desember 2013

Cita-cita lo apa?

"Cita-cita kamu apa?"

Masih ada gak yang gak bisa ngejawab pertanyaan klise di atas? Kalo masih, kita sodaraan. Iye, gue agak kurang ngerti passion gue sekarang. Gue kayak mengikuti air mengalir aja. Baru-baru ini di tanya apa cita-cita gue, gue kadang bingung banget. Gue mau jadi apa? Suram.

Gak kayak anak kecil yang kalo ditanya begituan langsung ngejawab. Aku pengen jadi dokter. Aku pengen jadi pilot. Aku pengen jadi guru. Aku pengen jadi playboy. Enak banget jadi anak kecil. Gak mikir apa-apa. Apa yang mereka liat itu jika keren, mereka pasti ingin menjadi hal itu.

Kadang makna cita-cita bisa berubah menjadi harapan. Harapan sama cita-cita itu beda loh. Misal, lo di tanya cita-cita lo apa, trus lo jawab pengen jadi dokter. Itu benar. Tapi kalo lo jawab pengen menghajikan ortu lo, nah ini salah. Itu bukan cita-cita. Tapi sebuah harapan. Cita-cita itu sesuatu hal mau jadi apa sih lo di masa depan.

Nah jadi nih gue sejak kecil sampe sekarang ini cita-cita gue kadang gak pasti. Suka berubah-ubah. Biasalah, anak galau cabang marpoyan. Jadi, gue mau share cita-cita gue yang gue impikan dari dulu.

#1. Power Ranger

Ini lah cita-cita gue pertama kali. Pengen jadi power ranger, sang pembela keadilan. Yang kemana-mana kudu make helm fullface yang berstiker norak dengan baju yang terbuat dari taplak meja. Di tambah dengan pistol-pistol keluar laser dan kembang api, serta punya robot gede bernama megazort.

Gue beruntung banget masa kecil gue pada hari minggu pagi masih di penuhi film-film kartun yang keren-keren semua. Dari mata melek jam 5 pagi sampe makan siang, gue duduk manis depan tv mentengin kartun-kartun favorit gue. Gue miris ngeliat anak kecil jaman sekarang. Minggu pagi mereka di penuhi sama acara musik alay serta acara-acara gak penting kayak FTV ato sinetron.

Yang jelas, gue dulu pengen banget jadi power ranger. Atau kamen rider, atau apalah yang menjurus ke superhero.

#2. Fire Fighter

"Tuninuninuninuninuninuinnuni...... Toot tooot. Minggiiiiiiiir. Segera tinggalkan lokasi. Sangat berbahaya. Biar kami yang menyelesaikan." Kemudian gue pun maju kedepan dengan membawa selang berisi air bertekanan tinggi untuk memadamkan api yang berkobar.

Yap. Gue dulu pernah pengen banget jadi pemadam kebakaran. Menurut gue mereka itu keren. Saat semua orang panik, kemudian mereka datang dengan mobil besar mereka. Semua orang pun memberi mereka jalan agar segera mungkin datang ke lokasi. Duduk di atas tangki mobil dengan memakai seragam anti-api. Kepala tegak, wajah serius, dan ketika datang langsung maju ke garis depan. Itu suer, keren banget bagi gue.

Sebenarnya motivasi gue untuk menjadi seorang fire fighter bukan karena pernah ngeliat mereka beraksi. Bukan. Itu semua berawal dari gue membaca sebuah komik tentang fire fighter di rental komik. Nama komik nya "Fire Fighter Daigo". Ada yang pernah baca gak komik itu gak? Kalo pernah pasti kalian tau gimana heroik nya aksi Daigo, sang fire fighter disana.

Sampai saat ini pun, kalo gue diberi kesempatan gue pengen banget jadi seorang anggota pemadam kebakaran. Tapi mengingat dan menimbang gue itu pake kacamata, jadi gue menurungkan cita-cita tersebut. Hahaha

#3. Dokter

Gue yakin banget, 9 dari 10 orang di Indonesia pernah mempunyai cita-cita sebagai dokter. Karena profesi dokter pun adalah sebuah profesi yang keren gila, dan gak semua orang bisa jadi dokter. Jadi dokter itu susah, butuh banyak duit dan kepintaran lebih. Kalo lo cuma modal nekad doang, nyawa orang di tangan elo.

Jadi nih, cita-cita untuk menjadi dokter ini tercetus di mulut gue ketika kelas 3 SMA. Gue sangat menggebu-gebu untuk menjadi seorang dokter. Motivasi gue kenapa ingin menjadi dokter bukan karena gue pengen cepat kaya atau sejenisnya, tapi karena rasa kemanusiaan.

Gue berpikir dokter sekarang itu "gak punya moral". Rasa kemanusiaan mereka telah hilang. Di rumah-rumah sakit sekarang prioritas pasien bukan dari tingkatan parah nya suatu penyakit. Tapi berapa banyak duit yang lo punya. Hal ini yang membuat gue gerah. Dokter sekarang buta dengan duit. Mereka pun sering berkilah hanya menuruti prosedur yang telah ada. Bullshit.

Bahkan gue pernah ngeliat dengan mata kepala gue sendiri ada orang yang harus segera dioperasi karena kecelakaan. Tapi karena keluarga gak punya duit, operasi itu gak bisa dilakuin. Gue ngeliat ibu pasien itu nangis-nangis histeris ke dokter, ke suster agar segera mengoperasi anak nya. Dia berjanji akan segera mencari uang operasi tersebut. Tapi dokter dan suster tersebut hanya cuek. Mereka selalu berkilah kalo pembayaran adalah suatu prosedur operasi. Inti nya, gak ada duit, tangan gue juga gak bakalan ada untuk operasi. Fakkkk.

Gue pengen banget nonjokin tuh dokter pas ngeliat ibu itu nangis-nangis sampe berlutut didepan dokter itu. Tangan gue udah gemetaran. Andai waktu itu gue lahir di keluarga yang berada, gue pasti bakalan nolong. Tapi dokter tersebut malah mempermainkan nyawa orang. Dan akhirnya pasien tersebut meninggal karena telat ditangani.

Nah disanalah motivasi gue, gue pengen jadi dokter. Gue yakin kalian pernah ngeliat kejadian serupa, nyata ataupun di tv. Tapi itu gue alamin sendiri. Sumpah, bikin geram ngeliatnya. Memang benar, duit sangat berkuasa. Gak heran peminat untuk masuk kedokteran sangat banyak. Salah satu jurusan paling favorit dan bergengsi. Jadi buat kalian-kalian yang suatu saat nanti jadi dokter, gak boleh sombong ya.

Tapi gue juga terpaksa mengurungkan cita-cita gue ini. Karena gue lupa kalo gue itu phobia darah. Ngeliat jerawat gue pecah dan ngeluarin darah sendiri aja gue langsung pucat dan mual. Apalagi darah orang yang gue hadapin. Gak sanggup gue. Jadi, walaupun gue gak jadi dokter, gue bisa ngebantu orang-orang kayak ibu-ibu tadi dengan jalan lain. Dan gue harus jadi orang kaya dulu. Buat nutupin mulut-mulut dokter sampah kayak gitu.

#4. Penulis

Gue dari kecil sampe sekarang punya hobbi yang namanya membaca. Bahkan waktu SD gue dijuluki kutu buku satu sekolahan. Tapi yang gue baca bukan buku pelajaran, tapi buku yang lain. Yang jelas selain buku pelajaran lah. Sampe-sampe koran bekas bungkus sate yang gue beli juga gue bacain. Iya, itu pas SD.

Sekarang hobbi membaca gue pindah ke membaca komik, manga, novel dan membaca hati wanita. Karena kebawa pergaulan sih. Gue juga hobbi mengoleksi komik, novel dan mantan. Hhe.

Karena sering membaca ini lah gue juga pengen jadi penulis. Mungkin ngeblog ini adalah salah satu sarana gue buat nulis. Tapi pada akhirnya pun, cita-cita pengen jadi penulis akhirnya gue ubah hanya menjadi hobbi doang.

#5. Poligami

Nah ini lah cita-cita gue sekarang. Kalo sekarang ini lo nanya apa cita-cita gue, gue bakalan ngejawab dengan yakin kalo cita-cita gue punya istri 5. Kalo bisa lebih banyak lagi. Hhe

Ini bukan sebuah harapan. Bukan. Tapi ini real cita-cita. Kenapa? Karena kalo pengen punya istri banyak, gue kudu sukses dan banyak duit dulu. Baru bisa punya istri banyak. Sungguh cita-cita yang mulia. Iye, daripada dokter yang mata duitan, lebih enak punya istri 5. Iye gak?




Sekian rangkuman cita-cita gue. Dan sekarang gue lagi menuju jalan untuk mewujudkan cita-cita gue, punya istri 5. Semoga gue berhasil dan siapa tau kalian yang ngebaca tulisan ini adalah salah satunya jadi bini gue entar. Mari kita aamiin kan bersama. AAMIIIIIIIIIIIIIIIN. *kaburrrrr



Tidak ada komentar:

Posting Komentar